Jumat, 23 Desember 2011

ETHAN FROME BY EDITH WHARTON


ANALISIS “ETHAN FROME” KARYA EDITH WHARTON

oleh 
Neziala Elsa Raudhina
Dalam cerita ini yang menjadi sorotan uutama atau karakter utama (protagonist) ialah Ethan Frome yang mempunyai beberapa permasalahan yang sangat komplek dalam kehidupannya secara bersamaan. Keluarganya meninggal dunia dan ia menikah dengan seorang wanita yang sakit-sakitan, disamping itu ia mempunyai keinginan untuk memiliki kebahagiaan yang belum dicapainya sehingga akhirnya ia mencoba mencari kebahagiaan tersebut dengan mencintai Mattie, yang merupakan saudara sepupunya. 
                Ceita ini memiliki gaya penulisan yang natural, atau bisa disebut juga bahwa Edith Wharton mempunyai faham Naturalism, yang menggambarkan sebuah kehidupan dengan ngeri dan sungguh Ethen sendiri mempunyai permasalahan yang komplek, dari awal ketika ibunya menderita sakit kemudian meninggal, ia merupakan seorang petani, menikah dengan wanita yang sakit-sakitan, tidak bisa memberikan kebahagiaan, dan menikah dengan saudara sepupunya. Naturalism ini bisa kita lihat dari gaya pengarang yang mensetting cerita dan segalanya dalam cerita, kedalam sebuah kegagalan. Hal tersebut juga dapat dilihat dari usaha Ethen untuk bunuh diri, yang menyebabkan ia lumpuh.
                Dalam cerita ini, terlihat juga sebuah dialek bahasa yang mencirikan cara penduduk New England. Dalam cerita ini terlihat dalam perkataan yang di ucapkan oleh Harmon : “ fust his father-then his mother-then his wife”. Yaitu pada kata “PUST”. 
                Di dalam cerita ini pengarang menggunakan character Mattie untuk mengekspresikan sebuah kesendirian dan isolasi Ethan yang dibangkitkan atau diredakan dengan kehadirannnya. Sebagiamana dalam cerita tersebut disebutkan bahwa Starfield merupakan sebuah desa yang suram tidak berwarna, yaitu saat musim dingin, masyarakat disana pergi dan tidak peduli dengan desa tersebut tetapi yang tersisa hanyalah Ethan. Dan mengapa dengan dia? Dengan demikian karakter Mattie yang datang membawa kebahagiaan untuk Ethan, gadis yang cantik secara alamiah dan dia merupakan seorang wanita yang mempunyai segalanya yang tidak dimiliki oleh Zeena bisa dijadikan symbol untuk menggambarkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya (dari karakter didalam cerita Ethen Frome). Disamping itu pula cerita ini merupakan prespektif seorang laki-laki dalam sebuah kesuraman, suasana pedasaan New England.

Unsur intrinsik novel
1.       Ringkasan plot
Athan Frome merupakan sebuah cerita seorang laki-laki yang hidup meneruskan jejak ayahnya sebagai seorang petani di Starkfield, Massachusetts, sebuah pedesaan (dusun) baru di New England. Ketika ibunya meninggal dunia, ia menikah dengan seorang gadis yang bernama “ Zenobia atau Zeena”. Yang telah membantu ibunya ketika ia terdampar sakit. Dan pernikahannyapun disebabkan Karena Ethan tidak mau tinggal sendiri setelah orang tuanya meninggal. Ketika usia pernikahannya dengan Zeena satu tahun, Zeena jatuh sakit. Setelah dibawa ke dokter maka Zeena diharuskan mendapatkan perhatian khusus dan membutuhkan bantuan yang cukup. Dengan demikian Zeena memutuskan untuk membawa saudara sepupunya dan seseorang pembabntu yang lain untuk merawat dan memperhatikannya. Tetapi ceritanya berbeda, Ethan ternyata jatuh cinta kepada Mattie Silver. Dia adalah wanita yang dianggap berbeda karena kecantikannya yang natural dan dia mempunyai segala yang tidak dimiliki oleh Zeena. Dia selalu mengajak Ethan pada sebuah impian yang membahagiakan. Di akhir cerita mereka (Ethen dan Mattie) berusaha untuk bunuh diri namun gagal, dan akhirnya mereka bertiga hidup bersama-sama dalam sebuah rumah seorang petani.

2.       KARAKTER
Ethan Frome
Ia merupakan seorang laki-laki yang berumur 28 tahun dengan fisik yang mengagumkan atau mengesankan. Dia termasuk laki-laki yang masih mempunyai rasa kesetian. Meskipun pada kenyataannya ia telah berpaling hati meraih sebuah kebahagian dengan menikahi Mattie tapi ia juga tidak melupakan istrinya Zeena yang sedang terbaring sakit.

Mattie
Ia merupakan seorang wanita yang lugas, ceria, dan bertanggung jawab untuk mengurus Zeena. Mattie adalah saudara sepupu Zeena merupakan seorang wanita  yang bisa membuat Ethen bahagia.

Zeena
Dia adalah seorang wanita yang sakit-sakitan, dia menjadi seorang Hyphocondriac yaitu seseorang yang amat cemas terhadap kelangsungan hidupnya karena penyakitnya itu. Ethan tidak bisa bahagia disampingnya karena satu-satunya alasan kenapa dia menikahinya karena tidak mau sendirian menjalani kehidupan setelah kematian orang tuanya. Selain itu Zeena sering memarahinya. 


3.       Thema
Tema yang di usung dalam cerita ini yaitu berkisar mengenai kegagalan. Hal itu dapat kita lihat dari cerita pernikahan Ethen dengan Zeena. Yang tidak berjalan dengan baik karena Zeena sendiri menderita sakit keras. Saat itu Ethan merasa tidak  bahagia dan dia sendiri membutuhkan kebahagian itu, sehingga pada akhirnya Ethen mencari kebahagiaan tersebut dengan mencintai seorang wanita yang merupakan saudara sepupunya bernama Mattie.

4.       Sudut Pandang
Yaitu menggunakan sudut pandang orang ke tiga.




PERBANDINGAN DENGAN SASTRAWAN LAIN

Kumpulan karya Edith Wharton, memungkinkan para pembacannya untuk memnemukan secamam kritik, suduut pandang, dan setiap karakteristik dalam karya-karyanya. Prinsif-prinsif dan tema selalu berulang mengulas cara pandangnya tentang sastra karakter-karakter yang dibangunnya menggambarkan komponen yang sangat penting dalam fiksi-fiksinya. Pendiriannya berawal dari sebuah tradisi,. Opini-opini tentang dirinya menjadi bahan kritik menyangkut pandanggannya mengenai wanita.
Ernest Hemingway merupakan salah satu penulis yang berpengaruh pada abad dua puluh. Karya-karyanya sering terkesan “stoic”, macho, gambaran petualangan dan dia juga sering menuliskan pengalamannya sendiri dalam beberapa karyanya. Karyanya juga merepresentasikan masalah yang mengenai hubungannya dengan wanita dan kecenderungannya menganggap mereka sebagai objek idak te(dia mengalami empat kali pernikahan dan perselingkuhan yang tidak terhitung). Karya-karyanya menyoroti tema tentang pengasingan perpisahan. Style prosanya yang dikenal inovatif adalah “iceberg theory”, dimana si pengarang hanya memberikan para pembacanya informasi-informasi yang diperlukan, membuatnya menjadi seorang sastrawan yang tidak bisa digeser posisinya dalam sastra Amerika yang membut karya-karyanya selalu menjadi bahan kajian untuk dikritisi. Temanya yang paling terkenal adalah “grace under pressure”, menjaga martabat seseorang dalam situasi-situasi ekstrim yang dihadapinya, merupakan satu dari usahanya untuk bertahan hidup, namun walaupun demikian dia tetaplah seorang manusia.
Buku pertama Gertrude Stein berjudul three lives merupakan karyanya yang paling realistik. Karya-karyanya dipengaruhi oleh Neoprimitivist painting, Flaubert’s trois Contes, dan automatic writing. Prinsif-prinsif dibelakang karya Stein ialah: kebiasaan, esensi, nilai, keadaan dasar yang sedang terjadi, permainan, dan perubahan.
Sedangkan Robert Frost, menganggap dirinya serigala yang kesepian, karena dia menulis karyanya disaat ketidakjelasan menjadi salah satu ke khasan puisi di puisi-puisi Amerika. Tetapi frost seperti Longfellow dianggap sebagai seorang penyair dari masyarakat Amerika. Dia mengungkapkan kembali pengalaman-pengalaman dan kerinduan-kerinduan serta cinta di dalam bentuk-bentuk puisi yang indah.
  

1 komentar:

  1. Best Merkur Merkur Solingen Products | Best Merkur Shaving Company
    Merkur Merkur Solingen is the Merkur 더킹카지노 in stock at best prices. Don't forget our Merkur Futur 메리트카지노 Safety Razors for a great experience with this unique 카지노

    BalasHapus